Membudidayakan Tanaman Hidroponik dan Padi Hitam di Tepian Waduk Saguling Lokasi KKMT UIN Bandung Tahun 2015

Posted by Best Practice of Teaching and Learning on Sabtu, 05 September 2015 0



Penulis memberi penyuluhan Hidroponik sederhana

 Hari Sabtu tanggal 8 Agustus 2015 merupakan hari bersejarah bagi segeranp mahasiswa KKMT UIN Bandung Tahun 2015. Di hari itu mereka –yang didampingi oleh penulis- melakukan kegiatan Lokakarya KKMT di lokasi yang terletak di tepian waduk Saguling Kelurahan Karang Anyar Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung. Hari yang memberikan kesan tersendiri dimana Aula Desa penuh dengan warga yang sangat antusias mengikuti lokakarya KKMT dipandu oleh Dr. H. Chaerul Rochman, M.Pd (DPL) selama 3 jam dari pukul 13.30 sampai dengan 17.00 WIB.

Ibu-Ibu aktif praktik membuat media hidroponik
Dua informasi yang telah disampaikan dari DPL kepada warga masyarakat, yaitu bagaimana upaya membudidayakan tanaman sayuran khususnya melalui teknik hidroponik. Kedua, adalah bagaimana membudidayakan tanaman padi hitam yang memiliki khasiat yang sangat luar biasa. DPL memulai dengan menjelasakan latar belakang dan manfaat tanaman dengan menggunakan teknik hidroponik. Semua warga yang menghadiri lokakarya tersebut menyimak secara seksama dan mempraktikan pembuatan media hidroponik serta melakukan penanaman langsung yaitu memindahkan bibit yang sudah mulai tumbuh ke media yang baru dibuat. Media yang dibuat berasal dari limbang botol air mineral ukuran 600 mL. Mereka ditrampilkan memotong media botol, memasukkan sumbu dan memindahkan rockwal ke dalam media.
Penulis bersama mahasiswa KKMT Desa Karang Anyar
Pada sesi kedua, Penulis memberikan penjelasan mengenai tahapan penanaman/pembudidayaan padi hitam. Penjelasan dimulai dari apa manfaat padi hitam bagi kesehatan kita. Penjelasan berikutntya adalah bagaimana cara penanaman bibit padi melalui persemaian yang tepat. Pengolahan tanah pun menjadi syarat bagi penanaman yang baik padi hitam. Penanaman dengan jarak antar tanaman yang diatur seperti model legowo. Strategi lainnya adalah teknik pemberian pupuk dan penyemprotan pupuk organik. Kelebihan tanaman padi hitam ini antara lain dengan penggunaan waktu tanam sama dengan waktu tanam padi biasa, juga teknik pemeliharaannya yang tidak terlalu sulit. Selain adanya kemudahan dalam pemeliharaannya, padi hitam juga memiliki potensi ekonomi yang sangat tinggi. Karena harga jual padi hitam yang baik dapat 2 sampai 2,5 kali lipat harga padi biasa.
 
Beberapa pembelajaran yang dapat dimanfaatkan dari kegiatan lokakarya pembudidayaan tanaman sayuran memalui hidroponik dan pembudidayaan padi hitam adalah: (1) masyarakat mengerti solusi mendapatkan sayuran yang sehat dan mudah, (2) masyarakat mendpatkan kemudahan dalam membudidayakan sayuran dengan teknik yang sangat sederhana, (3) masyarakat tahu manfaat dan fungsi padi hitam untuk kesehatan, (4) masyarakat tumbuh kemampuan dan kesanggupan dalam membudidayakan padi hitam di lahan sawah biasa, (5) masyarakat lebih menyadari akan manfaat padi hitam pada aspek fisik maupun aspek ekonomi yang lebih potensial dan memiliki nilai tambah

Tagged as:
About the Author

Chaerul Rochman WA di 081321123968

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

0 komentar:

back to top