Peer Teaching, Sebuah Miniatur Implementasi Teaching dan Learning Trajectory….
Posted by Best Practice of Teaching and Learning
on Minggu, 18 Oktober 2015
8
Peer
Teaching (PT) merupakan salah satu miniatur pelaksanaan proses pembelajaran di
kelas sekaligus metode dan strategi presformansi kemampuan mengajar guru. Peer
teaching juga menjadi syarat bagi peserta PLPG dalam memenuhi keseluruhan kegiatan PLPG. Dalam melakukan
kegiatan PT ini, peserta paling tidak harus melakukan beberapa kegiatan
penting. Kegiatan tersebut antara lain adalah: (1) menyiapkan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (Harian) untuk guru RA, (2) membuat kisi-kisi
penilaian, (3) menyusun alat evaluasi, (4) membuat rubric penilaian, (5)
menyusun bahan ajar, dan (6) menyiapkan, membuat dan menyajikan media
pembelajaran yang menarik bagi peserta didik.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) pada intinya bertujuan untuk memastikan
bahwa materi pembelajaran (bahan ajar), proses pembelajaran dan penilaian
peserta didik sudah sengaja diseiapkan oleh pendidik. Guru yang telah
menyiapkan RPPH jauh akan lebih percaya diri. Pendidik telah melakukan kajian
berbagai hal seperti mengakji identitas program harian, mengkaji Kompetensi
Inti baik KI-1, KI2, KI3, maupun KI4. Jika Kompetensi Inti sudah dipahami, maka
pendidik dapat mengidentifikasi Lingkup perkembangan. Pasa lingkung
pengembangan ini ASK, PAI, fisik motorik
kasar, motorik halus, bahasa dan lainnya. Untuk memperjelas capaian
perkembangan , maka dirumuskan tigkat pencapaian perkembangan dan capaian
perkembangan. Kedua kompoenen ini dapat memastikan kemampuan operasional dari
suatu proses pembelajaran. Untuk memastikan hal apa yang akan dicapai, maka
pendidik harus merumuskan indicator pencapaian perkembangan. Indikator
pencapaian ini memastikan bahwa semua lingkup memiliki kualitas capaian yang
jelas. Sebagai pelaksanaan rencana pencapaian perkembangan yang telah
disiapkan, maka diuraikan rincian kegiatan atau langkah-langkah pembelajaran.
Langkah-langkah kegiatan inilah yang menunjukkan teaching dan learning
trajectory dari suatu pembelajaran. Di sinilah miniature implementasi
pembelajaran yang sebenarnya.
Pada
proses pembelajaran inilah, pendidik dapat menunjukkan performansi sebenarnya
dari seorang pendidik yang professional. Dengan didukung oleh pemilihan media
atau sumber belajar dan metode pembelajaran, pendidik dapat melakukan rangkaian
proses pembelajaran (teaching trajectory) di kelas. Pendidik meramu antara kemampuan penguasaan
materi, metode dan penggunaan media secara simultan. Selain meramu ketiga aspek
tersebut, pendidik pun dituntut untuk memilih kata, kalimat dan bahasa tubuh
sehingga menimbulkan hasrat dan minat belajar dari peserta didik. Peserta didik
akan memperoleh kompetensinya jika suasana pembelajaran dapat berlangsung
dengan kondusif. Pendeknya kepuasan peserta didik akan sangat tergantung oleh
tingkat pelayanan pendidik di saat proses pembelajaran. Adapun penilaian dengan
berbagai bentuk dan rubric yang jelas menjadi pelengkap yang penting agar hasil
pembelajaran memiliki tolok ukur yang pasti. Untuk itulah, pendidik dituntut
memiliki kemampuan dalam menyusun kisi-kisi evaluasi, rumusan soal (baik tulis,
lisan maupun kinerja/produk). Selain itu, maka untuk memastkan bahwa hasil
menjadi bermakna, maka pendidik harus memiliki panduan rubric dan teknik
skoring dan penilaian.
“Pendidik
yang hebat dan cerdas adalah mereka yang sanggup dan berhasil menghebatkan dan
memfasilitasi peserta didik mencapai kecerdasan mereka”
Tagged as: Training Activity
About the Author
Chaerul Rochman WA di 081321123968
Get Updates
Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.
Share This Post
Related posts
inspiratif... keren
BalasHapusSalam semangat
BalasHapusTerima kasih pa,manfaat sekali
BalasHapusterima kasih pak ini sangat bermanfaat bagi saya dan memotivasi saya unruk lebih melek terhadap teknologi.
BalasHapusGood information.
BalasHapusSebuah inspiratif buat kami sebagai pendidik. Jazakalloh khoir ilmuny
Top markotop artikelnya👍
BalasHapusKreatif dan inovatif
BalasHapusSip mantap.. Boleh dong pa minta bimbingannya untuk membuat administrasi guru jenjang MI 😊
BalasHapus