Melatih Ketelitian, Keakuratan, Kejujuran, dan Keikhlasan Melalui Alat IPA
Posted by Best Practice of Teaching and Learning
on Sabtu, 15 Agustus 2015
0
Penulis mendampingi praktik alat Mekanika |
Senin, 3 Agustus 2015 pukul 14.45 WIB Pesawat
Garuda GA 361 di Bandara Surabaya dengan sangat mulus, hampir tidak terasa ada
gesekan antara ban pesawat dengan landasan. Barangkali, karena Pilot yang sudah
berpengalaman dengan landasan seperti ini atau karena memang ia sudah akurat
dan teliti dalam mengoperasikan setiap tombol di cokpit. Sampailan kami, tim
Fasilitator alat IPA Nasional dari Direktorat Pembinaan SMP. Perjalanan meluncur
dari Bandara ke Hotel Utami, masih di sekitar jalan utama Bandara, yaitu jalan
Djuanda Sidoarjo Jawa Timur.
Tepat pukul 16.00 sesuai dengan jadwal kegiatan,
acara pembukaan pun dilaksanakan di ruangan utama Hotel Utami. Kepala Dinas
Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Timur disertai pejabat dari Direktorat Pembinaan
SMP memberikan berbagai wejangan dan sambutan. Pada intinya bahwa melalui
program pengadaan Alat IPA ini diharapkan semua peserta didik memperoleh proses
pembelajaran yang menggunakan alat peraga/praktikum yang memadai. Oleh sebab
itu, sebelum alat sampai di sekolah, maka guru Fisika dan Biologi penting
mendapatkan pelatihan bagaimana memeriksa alat dengan baik, menggunakan serta
memelihara alat IPA. Dengan kompetensi yang akan diperoleh melalui pelatihan
ini, maka diharapkan guru yang berasal dari sekolah penerima alat IPA mampu
memeriksa, menggunakan dan memelihara alat dengan baik.
Kali ini, peserta yang tidak kurang dari 200 orang
guru berasal dari Kalimantan Timur dan Jawa Timur bergabung dalam satu masa
pelatihan yang terdiri dari 3 kelas Biologi dan 3 kelas Fisika. Pelatihan ini
didampingi oleh 12 orang pelatih Alat IPA dan beberapa konsultan. Dengan
dikoordinatori oleh Bapak Dr. Didi Teguh Chandra, M.Si, kegiatan diawalil
dengan pengenalan program dan pentingnya pemanfaatan alat IPA dalam
pembelajaran. Para peserta tidak hanya dibekali dengan bagaimana menggunakan
alat dengan tepat, juga mereka diberikan keterampilan memeriksa, menilai dan
menetapkan apakah alat tertentu sesuai atau tidak sesuai dengan spek yang
diminta. Dengan kompetensi seperti ini, maka peserta dapat menetapkan apakah
alat ini layak atau tidak layak digunakan.
Pelatihan alat IPA ini menggunakan pendekatan
peserta aktif. Setiap peserta wajib memegang dan memeriksa setiap item alat
yang ada dalam KIT. Mereka mengenai ukuran/dimensi, fungsi, bahan, kompatibel
alat dan sebagainya. Sehingga setiap item alat akan dikenai bagian-bagian mana
yang harus mendapatkan perhatian khusus. Mereka dilatih, ketelitian,
keakuratan, kejujuran dan keikhlasan menerima dan menetapkan sejumlah alat.
Mereka akan memeriksa alat ketika perangkat alat bantuan sampai di sekolahnya.
Pembelajaran yang dapat diambil dari Pelatihan
Alat IPA kami ini adalah: (1) Ketelitian dalam memeriksa, mengenali, dan mengidentifikasi
alat IPA mutlak dilakukan oleh setiap guru yang professional sebagai tanggung
jawab profesinya, (2) keakuratan dalam memeriksa dan menggunakan alat IPA akan
menghantarkan berhasilnya proses pembelajaran yang berbasis kepada penggunaan
alat, (3) Kejujuran dalam menimbang kebenaran ukuran dan kesesuaikan alat yang
ada dengan spesifikasi yang ditetapkan oleh Pemerintah akan membantu
diperolehnya kejujuran kolektif di dalam dunia pendidikan, dan (4) keikhlasan
yang benar akan menenangkan guru dalam memberikan layanan pendidikan kepada
para peserta didik di sekolah masing-masing.
Wa’lahu’alam bi showab.
Tagged as: Training Activity
About the Author
Chaerul Rochman WA di 081321123968
Get Updates
Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.
Share This Post
Related posts
0 komentar: