Menjadi Fasilitator Program STEM for SMART Lab USAID-USBI

Posted by Best Practice of Teaching and Learning on Jumat, 12 Juni 2015 0

Keberhasilan dan nilai tambah bangsa Indonesia di masa depan salah satunya memiliki indikator capaian Science Technology Engineering and Mathematics (STEM). Modal yang kuat dengan pendidikan kuat pada bidang STEM ini diharapkan bisa bersaing dengan bangsa manapun. Kemampuan ini harus diperjuangkan untuk merata dimiliki oleh seluruh bangsa Indonesia.

Oleh sebab itu,  USAID mendukung dan memberi kepercayaan kepada Universitas Siswa Bangsa Internasional untuk bermitra secara multi dengan peerguruan tinggi di luar negeri untuk melatih 500 orang guru MIPA yang akan mendesiminasikan kepada 10.000 siswa kelas XI di beberapa Provinsi dan beberapa kabupaten kota.

Untuk itu,  telah dilakukan pelatihan kepada guru-guru MIPA dari 20 SMA Negeri dan Swasta di Kabupaten Bandung yang dilaksanakan tanggal 8 sd 12 Juni 2015 bertempat di Hotel Fave Premier Cihampelas Bandung. Adapun materi pokok yang diberikan adalah "Making", Pembelajaran Model Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, and Evaluation (5E) dan Problem Based Learning (PBL). dengan Making, peserta diajak untuk mengeksplorasi konsep teknologi pembelajaran melalui pembuatan "alat peraga" kreatif. Dengan 5E, peserta dimodelkan bagaimana melaksanakan pembelajaran yang memadukan berbagai keterampilan peserta didik sehingga lebih menyenangkan, otentik dan sistematis.

Pada kesempatan pembukaan dihsdiri oleh Pejabat dari USAID antara lain pa Jaluk Cahyono (Education Specialist untuk USAID). Demikian pula para hari Rabu tanggal 10 Juni hadir salah satu Wakil Direktur USAID dari Amerika. Tak hanya itu, saat dilakukan praktik mengajar di SMAN Bandjaran hadir pula pejabat dari USAID lain yang mengunjungi ke kelas-kelas praktik. Konsultan yang aktif pada kesempatan pelatihan tersebut adalah Dr. Chaerul Rochman, M.Pd (Konsultan Fisika) dab Dr. Ahmad Mudrikah, M.Pd (Konsultan Matematika)

Dengan PBL, peserta diajak untuk mengembangkan pengalaman dan keteranpilannya untuk melakukan sebuah proyek dalam rangka memecahkan suatu masalah STEM. Pengalaman yang luar biasa diperoleh oleh para guru MIPA se Kab Bandung. Diharapkan para guru dapat mengimplementasikan dan membudayakan pembelajaran yang menyenangkan, penuh tantangan dan senantiasa update.
(diposting 12 Juni 2015:chaerul)


Tagged as:
About the Author

Chaerul Rochman WA di 081321123968

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

0 komentar:

back to top